Sunday, July 1, 2012

Cara Membuat : Teh Sereh, Wedang Sereh atau Jus Sereh


Lemongrass tea atau teh sereh merupakan minuman tradisional yang sangat populer di Asia, yang kebanyakan digunakan sebagai pengobatan karena kegunaannya untuk menyembuhkan demam, arthritis, sakit perut, pencernaan, sakit kepala dan masalah penyakit lainnya.
Selain manfaat tersebut, tanaman ini juga memiliki aroma refreshing yang sangat kuat, rasa yang enak dan sering digunakan di ragam masakan Asia.  Di wilayah timur, budaya membuat Teh Sereh atau Wedang Sereh dan meminumnya saat sore hari merupakan kebiasaan yang telah ada sejak zaman dahulu.
Dikarenakan banyak manfaat dan rasanya yang enak, kebiasaan ini ternyata menular ke daerah barat.  Banyak orang yang mulai menanam lemongrass di kebun mereka dan menjadikannya sebagai bahan untuk masakan sehari-hari. Banyak juga dari mereka yang mencoba teh sereh ini karena bosan akan teh yang itu-itu saja. Teh sereh ini bisa diminum hangat ataupun dingin tergantung mood dan keadaan iklimnya.  Berikut resep untuk membuatnya :
Bahan:
  1. Tanaman Sereh
  2. Air
  3. Teko untuk memasak teh, atau panci
  4. Gula, susu, jeruk nipis, atau kayu manis 

Cara membuat:
Lelepaskan lapisan luar daun serai dan buang, karena lapisan luar ini biasanya pahit dan sebaiknya tidak digunakan.  Setelah mengupas kulit, potong sisa serai menjadi irisan halus.  Ambil teko yang diisi dengan air dan letakkan diatas kompor hingga mendidih.  Masukkan serai yang telah dicincang halus tambahkan sedikit pemanis; gula atau susu. Jeruk nipis dan kayu manis juga nikmat jika ditambahkan. Minum selagi hangat!
(Sumber : dari berbagai media)

No comments:

Post a Comment

Sobat, banyak terimakasih sudah mau mampir kesini.. Jangan lupa komennya di isi ya.. Salam..