Sunday, July 1, 2012

Manfaat Tanaman Sereh


Penanaman Sereh di RW 06 Tg. Duren Utara
Serai - sebagian menyebutnya 'sereh' atau bahasa Inggrisnya 'lemongrass' - termasuk tanaman rumput-rumputan dan dikenal sebagai rempah penyedap masakan karena aromanya yang khas. Namun sereh  yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus, juga memiliki manfaat lain yaitu kandungan minyak atsiri dalam tanaman ini digunakan dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum dan sabun, selain itu sereh juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan sering dibuat obat herbal. Seluruh bagian tanaman ini bisa dipakai untuk obat herbal meliputi; akar, batang, dan daunnya.

Beberapa khasiat sereh yang belum banyak diketahui oleh masyarakat diantaranya :

Mencegah Kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram sereh mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Dari sebuah penelitian tersebut diketahui ada senyawa sereh yang bisa mematikan sel kanker namun tanpa merusak sel sehat.

Obat Gangguan Pencernaan
Teh yang mengandung sereh bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Sereh juga bisa membantu mengurangi gas berlebihan dalam usus.

Detoksifikasi
Sereh juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat disingkirkan.

Manfaat pada Sistem Saraf
Minyak esensial yang dibuat menggunakan sereh dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf, karenanya minyak sereh yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.

Menurunkan Tekanan Darah
Sereh efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai dapat menurunkan hipertensi.

Analgesik
Sereh dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri lainnya, minum teh sereh bisa membantu.

Menjadikan Kulit Cerah
Sereh merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar dan mencerahkan kulit.

Kesehatan Wanita
Konsumsi teh yang ditambahkan sereh dapat akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.

(Sumber : dari berbagai media)

1 comment:

Sobat, banyak terimakasih sudah mau mampir kesini.. Jangan lupa komennya di isi ya.. Salam..