Tuesday, March 26, 2013

Swadaya Masyarakat : Peninggian Jalan dan Normalisasi Saluran Air di Jl. Manggis II Gang B5, RT.006/06, Kel. Tanjung Duren Utara - Jakarta Barat

Sudah berjalan beberapa minggu ini terdapat pengerjaan peninggian jalan dan normalisasi saluran air di wilayah RT.006/06 Kelurahan Tanjung Duren Utara, tepatnya di Jalan Manggis II, Gang B5.

Adapun pekerjaan ini murni dilakukan secara swadaya masyarakat dimana Bapak Andrean Tistoni (Bpk. Andre) bertindak sebagai donatur utamanya.

Tampak dari kiri ke kanan : Bpk. Andre (donatur yang juga Wakil Ketua RW 06 TDU) dan Ust. Rahmadi (LMK 06), berpose bersama Bpk. Budi Wiyono (Eks Babinkamtibmas/Bimas Kel. Tg. Duren Utara, sekarang menjabat Kapospol Tomang) yang pagi itu kebetulan melintas.

Pekerjaan peninggian jalan di Jalan Manggis II Gang B5 ini memang sangat dibutuhkan masyarakat di sekitar karena setiap kali hujan, jalan Manggis Gang B5 senantiasa tergenang. 

Tampak Jl. Manggis II Gang B5 saat dilakukan peninggian jalan sekitar 5 s/d 10 cm, di beberapa titik kabarnya sampai 30 cm. 
Tampak saluran air yang kurang lancar, sebelum dilakukan pembongkaran.
Sebelum dilakukan pembongkaran cor semen untuk melintas dari rumah warga ke badan jalan, tampak tebal karena posisi rumah warga yang tinggi sedangkan posisi jalan yang masih rendah. Got (saluran air) pun tampak kurang lancar.
Setelah pengerjaan; tinggi jalan sudah sama dengan tinggi rumah warga.
Setelah pengerjaan; saluran air pun tampak lebih dalam dan lancar.
Bang Awang, tokoh Pemuda RW 06 tampak ikut bekerja membantu dengan latar belakang Jl. Manggis II Gang B5 yang kelihatan sekarang sudah semakin luas dan rapih.
Gambar diambil dari gerbang timur Jl. Manggis II Gang B5, pepohonan warga sudah ditata kembali.
Bapak Andi (Ketua RT.006/06) sedang membuat cor semen penutup saluran air / got. 
Dari pembicaraan dengan Bapak Andre kami dapatkan bahwa pekerjaan saat ini masih terus dilakukan dengan beberapa rencana lain diantaranya; penyelesaian penutup saluran air di sepanjang kiri dan kanan Jl. Manggis II Gang B5, pembuatan gapura dengan tanaman rambat sebagai penghiasnya dan pembuatan kursi di beberapa titik yang dibawahnya disediakan sapu serta serokan sampah, sehingga warga dapat membersihkan setiap kali melihat sampah di jalan.

Apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi Bapak Andre yang bersama warga RT.006/06 khususnya yang tinggal di Jl. Manggis II Gang B5 Kelurahan Tanjung Duren Utara yang saling bahu-membahu dalam pengerjaan ini demi terciptanya lingkungan yang rapih, indah, dan nyaman.
 

No comments:

Post a Comment

Sobat, banyak terimakasih sudah mau mampir kesini.. Jangan lupa komennya di isi ya.. Salam..